Home

Selasa, 16 Oktober 2012

Aurora

MAMAL - Aurora adalah fenomena pancaran cahaya yang menyala-nyala pada lapisan ionosfer dari sebuah planet sebagai akibat adanya interaksi antara medan magnetic yang dimiliki planet tersebut dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh Matahari (angin surya).

Di bumi kita ini aurora terjadi di daerah di sekitar kutub utara dan kutub Selatan magnetik. Aurora yang terjadi di daerah selatan kutub utara dikenal dengan nama Aurora Borealis yang dinamai bersempena dengan Dewi Fajar Roma (bagus ya…), sedangkan Aurora yang berada di daerah kutub selatan dinamai aurora Boreas, disebut itu karena di Eropa Aurora sering terlihat kemerah-merahan di ufuk utara sehingga seolah-olah Matahari akan terbit dari arah tersebut. Aurora Borealis selalu terjadi di antara September dan Oktober dan Maret dan April. Fenomena aurora di sebelah selatan  yang dikenal dengan Aurora Australia mempunyai sifat-sifat yang serupa. Tapi kadang-kadang aurora muncul di puncak gunung di iklim tropis.

Umumnya cahaya kutub yang sering ditemukan berwarna hujau kekuningan, ini disebabkan bagian partikel yang membawa energy berbenturan dengan molekul oksigen yang hanya berjarak 20 km dari permukaan bumi. Ketika molekul Nitrogen mendapat benturan partikel, akan memancarkan cahaya ungu kemerahan. Nitrogen akan memancarkan cahaya biru, sedangkan nitrogen yang netral akan memancarkan cahaya merah. Karena itu, orang-orang baru dapat melihat garis cahaya merah, biru, hijau, dan ungu yang berselang-seling menyelimuti angkasa. Bahkan Aurora yang indah cemerlang memperlihatkan bentuk yang selalu berubah, ada yang berbentuk tirai, busur, pita, sinar dan berbagai macam bentuk lainnya.

Munculnya aurora harus memiliki dua syarat, pertama suhu harus rendah, kedua cuaca harus cerah. Selanjutnya sejumlah Negara besar yang kerap tampak aurora, antara lain Negara Norwegia, Rusia, Finlandia, Kanada bagian utara, Alaska dan Amerika serikatDi Ft,Mc. Murray,  Kanada merupakan tempat melihat pemandangan terbaik aurora dan waktunya adalah setiap tahun pada bulan oktober dan bulan april. Semoga bermanfaat…

Tidak ada komentar:

Posting Komentar